25 Apr 2013

0 Sang "Khalifah" Dan Rakyatnya


"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu yaitu negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu di dunia, dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan." 
(QS. Al-Qashash ayat 77)

Entah kenapa malam ini sepulang dari rumah seorang sobat, sepanjang perjalanan teringat kembali berbagai pemandangan yang kusaksikan di "pulau seberang". Tanpa terasa, mataku jadi sedikit berkaca-kaca ketika teringat ayat ini.

Sobatku semua, manusia telah ditetapkan sebagai khalifah di bumi ini sejak awal diciptakan. 
Ada khalifah, berarti ada rakyat. Jika kita semua adalah khalifah, maka siapakah rakyatnya?

Seisi bumi inilah rakyat kita.

Mari renungkan sebuah perumpamaan tentang khalifah yang adil, mencintai, dan mensejahterakan rakyatnya. Tentu rakyatnya pun akan mencintai khalifah itu, dan dengan sepenuh hati akan menyumbangkan apapun yang dibutuhkan oleh khalifah itu. 

Namun bagaimana dengan khalifah yang zhalim, memeras rakyatnya tanpa berusaha mensejahterakan mereka. Tentu rakyatnya akan bergerak, berontak, atau bahkan menggulingkan sang khalifah itu.

Dan kini, panasnya aksi protes dari para "rakyat" kepada sang "khalifah" bernama manusia ini mulai terasa. Pemberontakan-pemberontakan kecil mulai terjadi di sana sini. Bencana dari langit dan bumi itulah wujudnya. 

Karena apa?

Karena mereka sedang menuntut hak nya yang selama ini ditindas oleh sang "khalifah".

Aku hanya bisa berharap, jangan sampai mereka melakukan kudeta yang tak mungkin bisa dikendalikan oleh siapapun selain Allah, Sang Pencipta. Kita patut bersyukur, karena mungkin selama ini kita masih terhindar dari amukan rakyat karena Allah-lah yang menahan mereka.

Sobatku semua, mari sayangi rakyat kita.
Sesungguhnya di mata Allah, kita adalah bagian dari mereka.

Video Penutup

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Berikan komentar anda

Followers

Komentar Terkini

Make Your Own by Judhazt KASKUS
 

www.islamperspektif.blogspot.com Copyright © 2009 - |- Created by O Judhazt Kaskus - |- Visit My Youtube Channel